Back to homepage

Formula Khusus Tambak

Manfaat dan Keunggulan

  • Memperbaiki standar kualitas air.
  • Meningkatkan DMA (Daya Menggabungkan Asam) air, berfungsi sebagai pencegah terjadinya perubahan pH air secara mendadak.
  • Menekan kematian (mortalitas awal).
  • Meningkatkan ketersediaan makanan alami udang dan ikan.
  • Mempunyai aroma yang khas, yang mampu meningkatkan daya rangsang udang dan ikan untuk makan.
  • Dapat menetralisir kadar garam/salinitas air tambak sehingga dapat meningkatkan hasil budidaya tambak.
  • Dapat juga digunakan pada rumput laut yang dibudidayakan di tambak darat. 

 Cara Pemakaian 

  1.  Tambak yang sudah bersih bebas dari siput dan ikan liar dalam keadaan kering, gunakan Super Biota Plus sebanyak 2 liter di campur dengan 200 liter air disiramkan ke permukaan tambak secara merata (sebagai pupuk dasar).
  2. Setelah 2 hari masukkan air dan berikan kembali Super Biota Plus sebanyak 1 liter dan campur air 100 liter, disiram kesekeliling tambak secara merata.
  3. Setelah 2 hari benur/nener siap dilepas disekeliling tambak. Ulangi pemberian Super Biota Plus setiap 2 minggu sekali.
  4. Super Biota Plus dapat diberikan langsung pada tambak yang telah berisi udang dan ikan dengan cara pemberian 2 liter Super Biota Plus dicampur dengan air 100 liter dan disiram-siramkan ke sekeliling tambak, selanjutnya berikan Super Biota Plus 2 minggu sekali sebanyak 1 liter perhektar.
  5. Jangan diberikan pupuk organik cair lengkap Super Biota Plus pada tambak, saat akan penggantian air.

PELAKSANAAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI BIOFERMENTASI DAN PROBIOTIK DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK SUPER BIOTA PLUS FORMULA TAMBAK PADA BUDIDAYA UDANG/IKAN DALAM 1 HA TAMBAK

CARA APLIKASI:
  • Setelah dilakukan pengeringan dasar tambak, lakukan pengecekan pH tanah dan usahakan pH tanah dasar tambak mencapai 6-7 .
  • Bersihkan dasar tambak dari siput, trisipan dan sejenisnya yang bisa mengganggu budidaya tambak.
  • Aplikasi pemberian super biota plus formula tambak dan probiotik adalah :
  1. Sebelum tambak diisi air , tebarkan super biota plus yang sudah dicampur dengan probiotik dengan perbandingan 2 ltr super biota plus dicampur probiotik sebanyak 50 gr dengan air 200 ltr lalu disiram kepermukaan tambak secara merata.
  2. Selanjutnya setelah dua hari, isi air kedalam tambak sampai macak-macak, biarkan selama satu hari supaya kandungan hara dan bakteri probiotik meresap dan merata kepermukaan tambak.
  3. Masukkan air secara bertahap sampai pada ketinggian sekitar 50 cm, setelah itu diberikan lagi larutan super biota plus 1 ltr yang sudah dicampur dengan probiotik 25 gr dengan campuran air 100 ltr.
  4. Biasanya setelah 3-5 hari air di tambak sudah berubah seperti warna plankton, lalu udang /ikan siap ditebar ke tambak.
  5. Pemberian larutan super biota plus yang sudah dicampur dengan probiotik dengan dosis 1 ltr super biota plus dangan 25 gr probiotik untuk satu kali pemberian dilakukan setiap 10 -14 hari sekali dan pemberian dilakukan sampai panen.
  6. Kebutuhan super biota plus dalam 1 ha sebanyak 8 - 10 ltr dan probiotik 250 gr sampai panen dengan lama pemeliharaan 3 - 4 bln.
  7. Apabila makanan dalam tambak tidak mencukupi, dapat diberikan pakan alami yang dibuat sendiri dari batang bisang dan difermentasi dengan super biota plus.

ANALISA PEMAKAIAN SUPER BIOTA PLUS DAN PROBIOTIK DALAM 1 HA ADALAH ;
 12 LTR SUPER BIOTA PLUS @ 125.000 PER LTR        = Rp. 1.500.000
 250 GRM PROBIOTIK  @ 10.000 PER 25 GRM            = Rp.    100.000
                                    --------------------------------------------------------
JUMLAH                                    RP. 1.600.000  
 
PEMBUATAN PAKAN ALAMI DARI FERMENTASI BATANG PISANG UNTUK PAKAN UDANG/IKAN.
 
Batang pisang sebanyak 50 kg dicincang halus supaya cepat hancur lalu  dimasukkan kedalam wadah yang tertutup. Berikan campuran super biota plus formula tambak sebanyak 1 ltr dicampur air 10 ltr  dan diaduk setiap malam hari selama 7 hari. Setelah itu, pakan siap untuk diberikan ke tambak sebagai pakan tambahan udang/ikan. Pakan bisa diberikan sebanyak 1 kg setiap hari tergantung kebutuhan dan banyaknya ikan/udang yang dipelihara.