Kelapa sawit yang sudah 5 thn belum berbuah bisa berbuah dengan menggunakan Biota Plus

By Awal Pada : 28 Jan 2016, 08:16:17 WIB, - Kategori : PerkebunanKelapa sawit yang sudah 5 thn belum  berbuah bisa berbuah dengan menggunakan  Biota Plus

Kelapa sawit yang ada di Kabupaten Lampung Timur sudah 5 tahun belum bisa berbuah. Namun dengan menggunakan super biota plus bisa mendapatkan hasil sehingga  petani pemilik lahan sangat gembira hingga akhirnya kebun sawit yang ada disekitarnya bisa ikut mencoba menngunakan  biota plus.

 Keunggulan dan aplikasi pada tanaman kalapa sawit 
1. Meningkatkan produksi panen.
2. Memperkuat jaringan pada akar dan batang.
3. Berfungsi sebagai katalisator, sehingga bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia sampai 50% .
4. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit terutama fungi dan cendawan.
5. Mencegah dan mengurangi gugur bunga dan buah.
6. Meningkatkan rendemen hasil produksi ( buah )

Cara/aplikasi pada Kelapa sawit dapat dilakukan dengan berbagai macam cara tergantung kondisi lahan tersebut, yakni :
1. Lahan sawit yang sulit mendapatkan air bisa dilakukan dengan cara tugal disekitar batang dengan menggunakan 4 lubang persegi dengan jarak 1 meter dari batang, setiap lubang di isi 1 s/d 2 tutup botol dan diberikan sebelum  dan setelah berbuah.

2. Lahan sawit yang tersedia air bisa dengan cara disemprotkan atau disiram dibatangnya dengan dosis 10 cc dicampur 5 liter air, umur 1 s/d 2 th dilakukan penyemprotan 1 s/d 2 kali sebulan dan umur 3 tahun ke atas penyemprotan diusahakan pada tandang dan sela-sela pangkal pelepah daun  sampai basah merata dan kalau tidak bisa disemprot maka disiram disekeliling batang sawit selama 4 kali dalam sebulan yaitu dilakukan sekali dalam minggu .

Pemupukan sebaiknya dilakukan sebelum tanaman berbuah dan setelah berbuah. Dengan menggunakan  Biota Plus, pupuk kimia bisa dikurangi sampai 50% dari pemakain sebelumnya. Sebelum pemupukan sebaiknya dilakukan pembersihan lahan dan pemangkasan. Kebutuhan pupuk  biota plus untuk pembibitan utama sebanyak 15 ltr/ ha selama 9 bln .