Keunggulan pupuk BIOTA Plus

By Awal Pada : 28 Jan 2016, 08:34:56 WIB, - Kategori : PertanianKeunggulan pupuk  BIOTA Plus

BIOTA Plus merupakan pupuk organik cair alami, berkualitas tinggi dengan hasil ekstraksi berbagai limbah organik (limbah ternak, limbah tanaman dan limbah alam lainnya) yang diproses berdasar teknologi berwawasan lingkungan (bioteknologi).  Biota Plus adalah terobosan teknologi unggulan yg ramah lingkungan untuk meningkatkan dan mempertahankan produktivitas.

Pemakaian  Biota Plus mampu meningkatkan kualitas hingga 25%-30% dan mengurangi pemakaian pupuk anorganik lebih dari 25% dan diharapkan mampu mengurangi pemakaian pupuk kandang hingga 50%. Keunggulan Pupuk  BIOTA Plus : 

  1. Mengandung hara makro maupun mikro (N, P, K, CA, Mg, S, B, Fe, Cu, Cl, Mn, n, dan Mo) dalam bentuk tersedia (dpt diserap tanaman) dalam komposisi yang optimal untuk memacu pertumbuhan vegetatif maupun generatif. Sehingga aplikasi interval waktu relatif pendek dan kontinyu dapat mengurangi pemakaian pupuk anorganik hingga 50% atau lebih.
  2. PEMBENAH TANAH Dari berbagai laporan bahwa khasiat pemakaian 1 liter pupuk organic cair SUPER Biota Plus setara dengan pemakaian 1 ton pupuk kandang.
  3. Hal ini dipahami karena pupuk  Biota Plus merupakan intisari dari bahan organik yang diproses dengan teknologi tinggi untuk menghasilkan asam fulvat, asam humik, asam amino dan vitamin. Asam humat dan fulvat merupakan sisa perombakan bahan organik berkadar lignin tinggi sehingga relatif resisten terhadap pelapukan dan berperan penting dalam proses agresi dan retensi hara sehingga tanah menjadi gembur dan mencegah kehilangan hara melalui pencucian. Bahan organik yg dapat digunakan sebagai substrat untuk menghasilkan asam humat dan asam fulvik adalah kaya akan lignin.
  4. Oleh karena itu, aplikasi pupuk kandang kendatipun dalam jumlah besar akan menghasilkan asam humik dan fulvik yang sangat rendah karena makanan ternak umumnya miskin akan lignin (umumnya kaya akan glukosa). Perlu dicermati, kendatipun dalam hal tertentu pupuk  BIOTA Plus dapat disetarakan dengan 1 ton pupuk kandang, tetapi dalam hal khusus lainnya kemampuan menahan air dan aktivitas makrofauna pemakaian pupuk kandang (kompos) tetap dianjurkan secara berkala (perlu dilakukan penelitian lebih lanjut) terutama tanah marginal (kandungan bahan organik rendah).
  5. PENGENDALI HAMA ALAMI Mampu mengurangi serangan hama karena aroma alami yang ditimbulkannya dan serangan penyakit akibat adanya senyawa fenol sebagai antibody bagi tanaman.
  6. HORMON (ZAT PENGATUR TUMBUH) 3 (tiga) hormon yg terdapat dalam pupuk  BIOTAPlus diantaranya IAA (Indole Acetic Acid), Giberelin dan Zeatin/Citokinin yang berfungsi mempercepat pertumbuhan akar, tanaman, mengurangi kerontokan bunga dan memacu pembuahan.
  7. ASAM AMINO Mengandung 17 macam asam amino yang sangat diperlukan berbagai mikroba menguntungkan dalam tanah.
  8. MOBILISASI NUTRISI Tanah-tanah di Indoensia umumnya didominasi tanah asam (tanah mineral dan gambut). Akibatnya fiksasi atau retensi hara (terutama P, B dan Mo) menjadi permasalahan besar karena pupuk yg diberikan tidak tersedia bagi tanaman. 

Aplikas  BIOTA Plus akan memacu pertumbuhan dan perkembangan berbagai mikroba dan aktivitas enzim (asam organik) di dalam tanah yg dapat melarutkan hara dalam bentuk tidak tersedia atau terikat (insoble) menjadi tersedia (soluble).

Keunggulan lain  BIOTA Plus dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan plankton (makanan alami bagi ikan atau udang, terutama benih atau anakan). - Merupakan produk alami sehingga aplikasinya aman terhadap lingkungan dan tidak mengandung bahan-bahan yg dapat membahayakan lingkungan. Kandungan dan Komposisi SUPER BIOTA Plus (Hasil Analisis Sucofindo ) Hara Makro Unit Hara Mikro Unit Cl (%) 1.49 Fe (ppm) 43.03 N (%) 16.64 Cu (ppm) 0.63 P205 (%) 2.43 Zn (ppm) 28.80 K20 (%) 17.51 B (ppm) < 0.57 SO4 (%) 2.64 Mo (ppm) 0.58 Mg (%) 0.07