Pupuk Biota Plus Kalahkan Pupuk Kimia

By Awal Pada : 28 Jan 2016, 07:25:12 WIB, - Kategori : Panen RayaPupuk Biota Plus Kalahkan Pupuk Kimia

MANGUPURA-Fajar Bali | Ada fakta yang cukup menggembirakan saat panen padi demplot pupuk organik cair Biota Plus di Subak Serobian, Desa Anggungan, Kelurahan Lukluk, Rabu (25/4) kemarin. Ternyata produktifitas Pupuk Super Biota Plus bisa mengalahkan produktifitas Pupuk Kimia yang sering digunakan para petani. 

Kabid Sarana dan Prasarana Distanhutbun Badung Ni Luh W. Suparmi mengungkapkan, demplot terdiri dari tiga lokasi yakni Subak Serobian, Subak Penarungan dan Subak Bulan. Di tiga lokasi ini dilakukan uji perbandingan hasil produksi antara penggunaan total pupuk Super Biota Plus dengan pupuk kimia. Hasilnya mengejutkan, ketika dilakukan pengambilan ubinan, ternyata produksi padi dengan pupuk Super Biota Plus jauh lebih tinggi ketimbang produk pupuk kimia. Peningkatan produksi padi dengan produk ini cukup signifikan, yakni rata-rata 1 ton per hektar. Hasil ini diakui pula oleh petani setempat. Pemilik lahan Nyoman Mudra mengakui, semenjak menggunakan pupuk ini, pihaknya sudah membuktikan adanya peningkatan produksi.

Pekaseh Subak Serobian Wayan Sarjana menambahkan, selain peningkatan produksi, kualitas padi juga makin bagus. "Hasil panen dengan pupuk Super Biota Plus hasilnya lebih bagus. Mudah-mudahan peningkatan hasil dengan pupuk organik juga bisa menarik minat masyarakat khususnya generasi muda untuk melirik sektor pertanian," ujarnya. Pemasaran Wilayah Bali PT Tri Harmoni Abadi Dewa Ketut Sugiarta mengungkapkan, pupuk Super Biota Plus merupakan produk berteknologi yang mengantongi izin Departemen Pertanian tahun 2007. Di Indonesia sudah cukup lama digunakan, sedangkan di Bali, relatif baru yakni setahun. Tetapi justru dalam kurun waktu setahun, manfaat produk ini sudah dirasakan para petani. Selain peningkatan produksi secara signifikan, pupuk Super Biota Plus ramah lingkungan dan mampu meningkatkan kesuburan tanah. Hasil panennya juga sehat untuk dikonsumsi.

 "Kami berharap, produk ini bisa memberikan kontribusi dalam menyukseskan program pemerintah baik Badung Go Organik maupun Bali Go Green sekaligus mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya. W-014

sumber : http://fajarbali.co.id/index.php/en/kotaplus/badung/37-pupuk-super-biota-plus-kalahkan-pupuk-kimia