Unsur Hara PadaPestisida Nabati Biota Plus

By Awal Pada : 06 Des 2017, 07:51:07 WIB, - Kategori : PertanianUnsur Hara PadaPestisida Nabati Biota Plus

AZADIRACHTIN

Kandungan senyawa kimia ekstrak biji dan daun Mimba dapat digolongkan ke dalam tiga golongan penting yaitu azadirachtin , salanin dan meliantriol. Ketiga senyawa tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan pestisida nabati,tetapi yang paling efektif adalah azadirachtin.

Azadirachtin mempunyai rumus kimia C35H44016. Senyawa ini merupakan salah satu dari tujuh puluh limnoid yang dikandung tanaman mimba. Zat ini berfungsi sebagai antifeedant, menngganggu tumbuhan dan reproduksi pada serangga. Azadirachtin terdapat pada semua bagian dari tanaman mimba, tetapi konsentrasi tertinggi dikandung oleh biji. Konsentrasi Azadirachtin pada biji tanaman mimba berfareasi tergantung pada faktor lingkungan dan faktor genetik. Azadirachtin yang dikandung oleh biji mimba rata rata 10 g, dan tanaman mimba setiap tahunya bisa menghasilkan biji rata rata 2 kg. Pengaruh antifeedant Azadirachtin ada dua macam yaitu :

1.       pengaruh primer yang terjadi proses penangkapan rangsangan kimia pada suatu organisme

2.       pengruh sekunder seperti pengaruh pada gangguaan pencernaan usus yang disebabkan aplikasi secara topikal

 

                         Tanaman Mimba sebagai pestisida alami memiliki daya kerja yang efektif, ekonomis dan aman. Mimba sebagai insektisida alami berisfat repellent untuk mite, penggerek batang padi, dan ulat kapas. Kandungan azadirachtin juga mengganggu nafsu makan serangga. Meskipun efek kerja azadirachtin relatif lambat, namun 7-10 hari setelah aplikasi, serangga akan mati.

 

ROTENON

 

                Tuba memiliki kandungan zat yang beracum yang terdapat didalam akar tuba. Zat beracum terpenting yang terkandung pada akar tuba adalah Rotenon ( C23H22O6 ) yang secara kimiawi digolongkan ke dalam kelompok flavonoid. Zat zat beracum yang terkandung lainya adalah Deguelin, Trerosin dan toksikorol, tetapi daya racumnya tidak sekuat Retenon. Retenon adalah racum kuat bagi serangga dan ikan ,

                Menurut Sugianto (1984), akar tuba digunakan untuk menangkap ikan sedangkan akar yang telah kering digunakan sebagai insektisida.

       Menurut Hill ( 1952) rotenon 15 kali lebih toksin dibandinkan nikotin dan 25 kali lebih toksin dibandingkan Potassium ferrosianida.

Namun demikian Rotenon sedikit tidak ada efeknya terhadap manusia dan hewan berdarah panas. Bahan aktif rotenon mempunyai beberapa sifat yaitu :

a.       Sangat beracum terhadap ikan dan babi

b.      Bekerja sebagai racum perut dan kontak yang efektif.

c.       Residu tidak persisten.

d.      DL50 orel : 132-15000 mg/kg pada tikus

   Rotenon sebagai cairan untuk serangga penggigit, pengunyah dan penusuk- prngisap,terutama dipekarangan dan kebun buah buahan.

    UNTUK MENDAPATKAN UNSUR AZADIRACHTIN DAN ROTENON SUDAH ADA PADA PESTISIDA NABATI BIOTA PLUS PRODUKSI PT.TRI HARMONI ABADI